Senin, 30 Januari 2017

ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA : SISTEM KARDIOVASKULER SISTEM PEREDARAN DARAH OLEH JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH




            Sistem kardiovaskuler merupakan bagian dari sistem darah yang ebrtugas mengedarkan darah ke seluruh tubuh dan mengambalikannya ke jantung. Darah membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan sel- sel pada berbagai jaringan tubuh untuk keperluan metabolism. Dlaam melaksanakan fungsinya sistem kardiovaskuler melibatkan organ jantung, pembuluh darah dan cairan.
Pembuluh darah terdiri dari :
1.      Pembuluh nadi (arteri), yang membawa darah keluar jantung, mempunyai satu katup dekat jantung yang berfungsi untuk menjaga agar darah tidak mengalir kembali ke dalam bilik jantung. Aorta adalah pembuluh nadi yang berpangkal pada bilik kiri dan kanan jantung. Aorta bilik kiri akan mengangkut darah ynag kaya akan oksige. Aorta bilik kiri akan bercabang menjadi arteri terkecil yang disebut dengan arteriole. Aorta bilik kanan bercabang menjadi pemuluh nadi paru- paru kanan dan kiri. Pembuluh nadi ini membawa darah kotor kaya akan karbondioksida.
2.      Pembuluh balik (vena), memiliki katup sepanjang pembuluh darah yang berfungsi agar aliran berlangsung satu arah dan menjaga darah tetap mengalir karena tidak adanya pompa pada aliran darah di vena. Pembuluh vena terdiri dari pembuluh balik besar dan pembuluh balik paru- paru.
Pembuluh balik besar mengangkut darah yang berasal dari seluruh tubuh menuju serambi kanan jantung, pembuluh ini membawa darah kaya akan karbondioksida. Pembuluh balik besar dibagi menjadi :
a.       Vena kava superior yang berfungsi untuk mengangkut darah yang berasal dari kepala dan tangan ke serambi kanan jantung
b.      Vena kava inferior yang berfungsi untuk mengangkut darah yang berasal dari tubuh dan kaki ke serambi kanan
Pembuluh bilik paru- paru terdiri dari pembuluh bilik kanan dan kiri yang mengangkut darah dari paru- paru kiri. Keduanya akan bersatu menuju serambi kirir jantung. Pembuluh vena pulmonalis mengangkut darah yang kaya akan karbondioksida.
3.      Pembuluh kapiler , menghubungkan antara arteriol dan venule. Sangat halus dan berdinding tipis karena terdiri atas selapis se dan berhubungan langsung dengan sel- sel tubuh.

JANTUNG
Jantung dibagi menjadi 4 yakni :
1.      Serambi kanan
2.      Serambi Kiri
3.      Bilik kanan
4.      Bilik kiri

·         Antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup yang disebut katup trikuspidalis.
·         Antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup yang disebut katup dwikuspidalis.
·         Vena kava superior merupakan vena yang termasuk pembuluh darah kotor (yang kaya akan karbondioksida sebagai sisa- sisa metabolism sel- sel yang ada dalam tubuh)
·         Vena kava inferior merupakan pasokan pembuluh vena yang ada di daerah ginjal, sisa metabolism ginjal yang nantinya vena bergerak menuju vena kava inferior.
·         Vena kava inferior dan superior yang terdapat darah kotor akan masuk ke serambi kanan
·         Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah kotor yang berasal dari vena kava superior dan inferior.
·         Setelah masuk ke serambi kanan, darah yang mengandung darah kototr masuk ke bilik kanan. Darah yang ada di bilik kanan akan dipompa oleh paru- paru (untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida) melalui arteri paru- paru.
·         Pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh tubuh. Kecuali arteri pulmonalis atau arteri paru- paru yang membawa darah kotor.
·         Setelah di paru- paru kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Vena pulmonalis masuk ke jantung melewati serambi kiri . fungsi serambi kiri adalah menerima darah bersih dari vena pulmonalis.
·         Dari serambi kiri bergerak turun ke bawah ke daerah bilik kiri, dari bilik kiri nantinya akan memompa ke seluruh tubuh melalui aorta.
·         Dari aorta akan menyuplai ke seluruh tubuh melewati kepala, ekstremitas maupun ke organ lain seperti ginjal dan lambung.
·         Darah kotor masuk ke paru- paru yaitu serambi kanan dan bilik kanan kemudian setelah melalui proses pertukaran oksigen dan karbondioksida di paru- paru, nanti darah bersih akan diterima melalui serambi kiri dan bilik kiri dan dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar