Senin, 23 Januari 2017

ANATOMI FISIOLOGI MANUSIAN SISTEM HORMON




            Hormon adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang dikeluarkan langsung kea rah yang beredar dan berfungi sesuai dengan nama yang akan mempengaruhi jaringan tertentu yang mempunyai reseptor dan bekerja sama dengan sistem saraf.
            Hormon insulin adalah hormone yang dihasilkan oleh sel- sel beta kelenjar pankreas. Fungsinya adalah mengubah kelebihan glukosa dalam darah menjadi glikogen yang disimpan di hati dan otot. Hormon insulin berperan dalam mengatur gula darah dan metabolism untuk energy tubuh.
Mekanisme Kerja Insulin
            Insulin dilepas ke seluruh pembuluh darah dan terbawa oleh aliran pembuluh darah sampai ke hati yang merupakan pos kerja insulin. Hati merupakan pos untuk mengecekkan glukosa, hasil perombakan karbohidrat kompleks dari sistem pencernaan. Ketika glukosa masuk kedalam hati akan disesuaikan dnegan kadar glukosa di dalam darah. Jika kadar glukosa di dalam darah dalam kondisi yang seimbang maka pembebasan insulin akan semakin banyak ke dalam hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen. Insulin dapat merangsang sel- sel tubuh mengambil lebih banyak glukosa sehingga kadar glukosa darah menurun kembali ke keadaan seimbang.
SISTEM ENDOKRIN
            Sistem Endokrin merupakan sistem dalam tubuh manusia yang terdiri dari sejumlah kelenjar penghasil zat yang dinamakan hormone. Kelenjar endokrin tidak mempunyai saluran keluar untuk zat yang dihasilkannya. Hormonnya hanya pada saat dibutuhkan dan dialirkan ke organ sasaran melalui pembuluh darah bercampur dengan darah.
            Sistem endokrin adalah sistem control kelenjar tanpa saluran yang menghasilkan hormone yang terkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ – organ lain. Hormone bertindak sebagai pembawa pesan dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh.  Kelenjar endokrin berasal dari sel- sel epitel yang melakukan poliferasi kea rah pengikat sel epitel yang telah berporiferasidan akhirnya berkumpul membentuk sebuah kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin tumbuh danberkembang ke dalam pembuluh kapiler dan zat yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin dialirkan ke dalam darah karena tidak punya saluran khusus.
            Zat yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin disebut hormon. Hormone merupakan zat organic yang mempunyai sifat khusus dalam pengaturan fisiologis terhadap kelangsungan hidup suatu organ atau sistem.
HORMON YANG DIHASILKAN OLEH HIPOFISIS ANTERIOR
1.      H. Somatotrof, berfungsi untuk pertumbuhan sel dan anabolisme protein
2.      H. Tiroid (TSH) berfungsi mengontrol sekresi hormone oleh kelenjar tiroid
3.      ACTH berfungsi mengontrol sekresi hormone oleh korteks adrenal
4.      FSH berfungsi merangsang perkembangan folikel pada ovarium dan sekresi estrogen, menstimulasi testis untuk menstimulasi sperma
5.      LH berfungsi menstimulasi ovulasi dan pembentukan progesterone, menstimulasi sel- sel interstitial pada testis untuk menghasilkan testosterone
6.      Prolaktin berfungsi memelihara skeresi susu dan membantu kelahiran
7.      Growth hormone berfungsi merangsang pertumbuhan sel tulang, otot rangka, peningkatan gula darah mengatur metabolism dalam organ- organ hati, usus, pankreas, stimulasi sintesis protein.

HORMON YANG DIHASILKAN HIPOFISIS POSTERIOR
1.      H. Oksitosin berfungsi menstimulasi kontraksi otot polos pada rahim wanita pada saat proses melahirkan
2.      H. ADH berfungsi menururnkan volume urin dan meningkatkan tekanan darah dengan cara penyempitan pembuluh darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar